PANDUAN MUSLIMAH DALAM MEMPERCANTIK DIRI

1. Konsep cantik Jahiliyah (now)

Tabarruj : berpakaian seronok, sexi, tidak syar’I, berlebih-lebihan.
Pamer : (ingin tampak menarik dan cantik terutama di mata lawan jenis).

Menyakiti diri sendiri QS. An nisa : 29 à “dan janganlah kamu (kalian) membunuh diri kalian sendiri”. Contoh : dengan melangsingkan badan sampai mati (berdiet ketat), minum obat-obatan pelangsing, operasi plastic dan menggunakan sepatu berhak tinggi. (peringatan tegas : Qs. An nisa : 119).

“Citra tubuh wanita dan konsep cantik” (versi industry fashion, kosmetika, & entertainment) :

ü Perempuan jangkung
ü Sangat langsing (untuk membuat baju bagus jatuhnya di badan)
ü Berkulit putih
ü Berjalan dengan goyangan sexi, binal (pelecehan terhadap keberadaan wanita)

2. Konsep cantik dalam islam
QS. Al-Ahzab : 33 “dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan taatilah ALLAH dan RASULNYA”.
QS. An-Nur : 60 “dan perempuan-perempuan tua yang terhenti dari haid dan mengandung yang tidak memiliki keinginan untuk menikah lagi, tidak ada dosa bagi mereka untuk menanggalkan pakaian luar mereka dengan tidak bermaksud tabarruj dengan perhiasan yang dikenakan”.
QS. An-Nisa : 34 “wanita yang sholehah adalah wanita yang taat kepada ALLAH lagi memelihara diri”.
Hadits HR. Abu Dawud No. 4222 “Nabiyullah SAW membenci 10 perangai (perbuatan)”. Kemudiandisebutkan salah satunya adalah tabarruj dengan perhiasan tidak pada tempatnya.
Fitrah Wanita “Cantik”

Cantik dalam islam ada 4 kategori :
Cantik Ruhiyah Qs. An Nur : 31

“Katakanlah kepada wanita2 yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkanperhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya”.
Cantik Lahiriyah Qs. Al Ahzab : 59

“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu dan ALLAH adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Syarat-syarat pakaian islami :
Menutup semua badan
Tidak merupakan perhiasan
Hendaklah longgar dan tidak ketat
Tidak diberi wewangian/parfum
Tidak menyerupai pakaian wanita kafir (wanita dalam islam dimuliakan)
Tidak bermaksud mencari pandang manusia/pamer (sederhana).

Pakaian terbaik : pakaian taqwa, Perhiasan terbaik muslimah : malu.
Cantik Emosi dan Akhlaq Qs. Al Ahzab
Qs. Al Ahzab 31, inti : taat kepada ALLAH, rasul, mengerjakan amal sholeh
Qs. Al Ahzab 32, inti : taqwa, menjaga sikap tubuh, pandangan dan lisan
Qs. Al Ahzab 33, inti : memelihara rumah, diri dan harta suami.

Hokum asal seorang wanita adalah umm (un) wa rabbah al bayt “sebagai ibu dan pengatur rumah tangga”. Abdullah ibn ‘Amr hadits bukhari muslim menuturkan bahwa rasulullah SAW pernah bersabda : dunia ini perhiasan, sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalehah.

Sabda lainnya “sesungguhnya ALLAH melingkupi islam dengan akhlak yang mulia, perkataan yang lembut, mendermakan kebaikan, memberi makan, menyebarkan salam, mengunjungi orang sakit, mengantarkan jenazah orang muslim, menghormati orang tua, mendamaikan diantara manusia, memenuhi undangan, bertetangga dengan baik, bermurah hati, memulai salam, menahan marah dan memaafkan kesalahan, pandai mensyukuri nikmat (nikmat Allah akan ditambah, jika tidak azab Allah sangat pedih).
Cantik Intelektual Qs. An Nisa : 119

“Dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Allah) lalu benar-benar mereka merubahnya. Barang siapa yang menjadikan syaitan sebagai pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

Konsekuensi pelanggaran hokum Allah SWT “azab di dunia dan akherat”:

Hadits : HR Muslim no. 5547 ada dua golongan dari penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat. Pertama, satu kaum yang memiliki cemeti2 seperti ekor sapi yang dengannya mereka memukul manusia. Kedua, para wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka menyimpangkan lagi menyelewengkan orang dari kebenaran. Kepala2 mereka seperti punuk onta yang miring/condong. Mereka ini “tidak akan masuk surge dan tidak akan mencium wanginya surge”, padahal wanginya surge sudah tercium dari jarak perjalanan sejauh ini dan itu.

Tiga orang yang tidak akan masuk surge dan ALLAH SWT tidak akan memandang mereka pada hari kiamat : 1) orang yang durhaka kepada orang tua, 2) wanita yang bertingkah kelakian dan menyerupakan diri dengan laki2, 3) dayyuts (orang yang tidak memiliki rasa cemburu/ghirah islam).
Bersegera Ladiesss!!!
Qs. Ali Imran : 133

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surge yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.
Qs. AL Hadid : 21

Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan ampunan dari Tuhanmu) dan surge yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya. Itulah karunia Allah, diberikannya kepada siapa yang dikehendakinya dan Allah mempunyai karunia yang besar.
Qs. Ash Shaff : 10

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih.
Qs. Ash Shaff : 11

Yaitu kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu, jika kamu mengetahuinya.
Qs. Ash Shaff : 12

Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu kedalam surge yang mengalir dibawahnya sungai-sungai dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surge ‘adn. Itulah keberuntungan besar.
Qs. Al Isra’ : 36

Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan dimintai pertanggungjawabannya.

“Wahai hambaKu sesungguhnya kalian melakukan dosa pada malam hari & siang hari dan aku mengampuni dosa-dosa seluruhnya. Maka mintalah ampunan kepadaKu niscaya Aku ampuni kalian. (Hadits Abi Dzar)”

sumber : http://meedoku.wordpress.com/2011/11/18/panduan-muslimah-dalam-mempercantik-diri/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s